Kamis, 15 Januari 2009

Logic Simulation System (LSS) sebagai tool membangun Developmental Organization

Tidak kurang training dan referensi tentang implementasi HR Strategic, masalahnya bisakah cara implementasi itu diterapkan..??

Kronologis
Simulasi awalnya saya gunakan dengan menggunakan bahasa program Bassica untuk mendisain turbin uap dalam bentuk skripsi tahun 1992.
Ketika bekerja di beberapa perusahaan ternyata banyak sistem yang dapat diintegrasikan dan di by-pass (sederhanakan) dengan simulasi. Pertanyaan saya saat itu mengapa sistem yang jelas-jelas bisa dipermudah dibiarkan sekian lama tanpa perbaikan? Lalu pertanyaan berkembang:
1. Bagaimana membangun suatu komunitas yang sensitif terhadap perbaikan melalui pengembangan pola pikir logic terintegrasi dalam bentuk simulasi?
2. Adakah hubungan pengembangan pola pikir tersebut dengan peningkatan kreatifitas?
Tahun 1999 saya aktif dibidang HR seiring maraknya opini HR Role, dimana HR dituntut terukur dan terkendali mendukung pencapaian perusahaan. Saya tertarik dengan ide Renewal Capability and Competitive Readiness (Beyond Learning Organization - Perseus Book, 2001), yang menyatakan re-engineering HR Department dalam mencapai peran strategisnya merupakan syarat mutlak bertumbuhnya organisasi secara berkesinambungan.
ide tersebut kemudian saya eksperimenkan di pekerjaan dengan tool simulasi yang dinamakan Logic Simulation System (LSS) sekaligus saya gunakan untuk menganalisa produktivitas pekerja melalui pendekatan korelasi kwadran kedua guna menyelesaikan tesis di bidang MM-SDM pada tahun 2000.
Seterusnya LSS diterapkan dibidang HR dan mendapat apresiasi serta di-share di corporate dan group perusahaan atas keberhasilan dalam mempermudah kendali sistim kerja terintegrasi secara sederhana, serta diakui oleh SGS ISO consulting sebagai sistim yang ISO compliance, dan paperless terintegrasi.
Seterusnya LSS diterapkan dalam membangun Developmental Organization di perusahaan, membangun kultur yang membangun sehingga menghasilkan penghematan milyaran rupiah hanya dalam satu tahun penerapannya. Keberhasilan inilah yang ingin saya bagikan gratis melalui blog ini. Bagaimana menurut Anda? Silakan berikan masukan kritik dan saran anda di blog http://optimalfungsihrstrategy.blogspot.com/ (zbu/11/01/09).

Tidak ada komentar: