Kamis, 15 Januari 2009

Peran Strategis HRD Sesungguhnya Bisa Menjawab Krisis Ekonomi Global


Mengikuti perkembangan krisis global saat ini, sebagai bagian dari masyarakat yang sudah memahami dan merasakan langsung realita apa sesungguhnya yang terjadi di industri kita, maka saya punya kewajiban secara moril untuk menyampaikan, betapa sangat sayang kita menyia-nyiakan waktu selama ini berputar disekitar masalah yang sama yang sentralnya di HRD.
Sesungguhnya Developmental Organization merupakan jawaban bagi masalah industri saat ini dan masa nanti, termasuk krisis yang terjadi kapanpun dan dimanapun, hal ini sesungguhnya sangat gamblang untuk dijelaskan.
1. Bahwa dalam Developmental Organization seluruh spectrum manajemen focus pada satu arah yaitu pertumbuhan berkelanjutan dari perusahaan dalam wilayah diluar pengaruh makro.
2. Bahwa tidak satupun bagian dari perusahaan yang tidak bergerak maju memperbaiki diri dan berkembang dengan kreatifitas dalam bentuk improvement dan inovasi
3. Bahwa sesungguhnyalah seluruh system tersebut bersumber pada inisiatif HRD untuk mau menjadi leader dalam penggalangan pembangunan system Developmental Organization, sehingga lajur bagi HRD untuk menjadi strategic partner sesungguhnya sudah ada dan sangat jelas sekali peran kuncinya dalam kesinambungan pertumbuhan perusahaan.
4. Bahwa dalam Developmental Organization, HRD akan membangun lingkungan yang tidak tergantung kepada tool manajemen dari konsultan manapun, namun secara generic membangunnya dari dalam, menjadi bagian yang tumbuh dan hidup dalam perusahaan, yang tak terpisahkan membawa perusahaan keluar dari setiap kesulitan dan membuatnya tumbuh berkembang sesuai perubahan jaman.
Semoga para HRD kita mau segera mengambil peluang ini, tidak lagi menunggu dan semata mengikuti secara pasif tool manajemen dan pelatihan canggih yang disuguhkan kepada mereka. Namun pelatihan dan tool tadi bisa mereka konversikan dalam membangun system pertumbuhan perusahaan berkesinambungan dari dalam perusahaan sendiri, sesuai karakter perusahaan. Tool Logic Simulation System sudah terbukti bisa bermanfaat untuk itu silakan kunjungi di http://optimalfungsihrstrategy.blogspot.com/
Sehingga HRD benar-benar kembali ke posisi sejatinya yaitu sebagai partner strategis perusahaan.
Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar: