Rabu, 28 Januari 2009

LSS sebagai alat untuk mengintegrasikan fungsi HR

Dalam perjalanannya LSS kemudian dijadikan alat untuk mengintegrasikan sistem HR ke Proses Inti Bisnis, dengan hipotesis:
Membangun pola pikir sistem dalam suatu komunitas melalui metoda simulasi akan mempermudah mengintegrasikan fungsi HR ke proses inti perusahaan, sehingga memposisikan HR pada peran strategis-nya.
Implementasi budaya development LSS membantu penerapan LSS di perusahaan sehingga terjadi penghematan sistem sampai milyaran rupiah per-tahun.
Tantangan yang dirasakan adalah dalam menemukan metoda instuksional yang tepat untuk membangun pola pikir sistem pada suatu komunitas. Untuk itu penelitian kemudian saya lanjutkan dalam format disertasi S3 di bidang manajemen pendidikan.
LSS diterapkan di perusahaan mengacu pada 4 step Balance Scorecard dengan dukungan Komite Learning and Growth dan Tim Change Baseline, dengan fasilitas pustaka dan clinic TQC untuk membangun proses pembelajaran dan improvement terintegrasi dalam satu poros yang link dengan core bisnis perusahaan.
Akhir dari siklus adalah matriks analisa mikro dan makro, untuk memberikan suggest pada strategi bisnis perusahaan melalui sistem konversi matrik analisisnya dengan didukung proses dan data yang valid.
LSS pernah dibahas sebagai topik HRD Forum Event ke-47, mendapat tanggapan baik dari peserta yang mengusulkan agar dikupas lebih dalam. Dinilai adaptif bagi semua tool manajemen, mudah digunakan karena murni diangkat dari riset implementasi di lapangan.
Digulirkan di blog http://optimalfungsihrstrategy.blogspot.com/ untuk menjadi salahsatu alternatif alat bantu bagi HR, sambil terus mengikuti perkembangan implementasi Developmental Organization dan HR Strategik di perusahaan. Dengan sharing disini diharapkan tercapai wujud ideal sebuah tool yang bermanfaat bagi kita bersama. Untuk itu saya berharap peranserta pembaca baik dalam bentuk Kritik dan saran mengenai tulisan disini ataupun memberikan sharing dengan menulis di blog ini. Terimakasih(zbu11/01/09).

Tidak ada komentar: